Sering Pulang Kerja Malam Hari? Ikuti Tips Tetap Aman Mengemudi Mobil

Naik mobil di malam hari tentu akan menghadirkan sensasi yang berbeda dibandingkan dengan siang hari. Tetapi risiko di malam hari juga akan lebih besar apalagi biasanya kantuk akan melanda pengemudi saat berkendara di malam hari. Makanya harus terus waspada dan berhati-hati ketika masih berada di jalan saat malam hari. Apalagi bagi orang-orang yang harus bekerja sampai malam tentunya harus mengendarai kendaraan roda empat untuk bisa pulang ke rumah. Apalagi keselamatan setiap orang tidak bisa ditawar lagi dan harus selalu diprioritaskan. Agar perjalanan pulang ke rumah di malam hari bisa selalu aman dan terhindar dari bahaya maka bisa mengikuti tipsnya berikut ini.

Kondisi Kendaraan Selalu Optimal

Sebelum berangkat kerja di pagi hari, pengemudi juga harus bisa mengecek secara cepat dan memastikan kondisi kendaraan selalu optimal. Mulai dari mesin, semua komponen, sistem kelistrikan, lampu, hingga rem masih bekerja dengan normal. Jangan lupakan juga cek tekanan yang ada pada komponen ban. Dengan proses pengecekan kondisi secara singkat maka bisa mengurangi adanya masalah teknis selama perjalanan pergi dan pulang kerja.

Istirahat Harus Cukup

Idealnya setiap orang harus beristirahat atau tidur selama 6 sampai 8 jam sehingga siap untuk melakukan aktivitas keesokan harinya. Dengan tidur dari 6 hingga 8 jam maka mengemudikan mobil akan lebih fokus dan tidak akan merasakan kantuk lagi. Tetapi jika kurang tidur di malam harinya maka akan menimbulkan kantuk di pagi hari. Faktor kantuk inilah yang menjadi penyebab menyetir jadi kurang fokus dan membahayakan. Jika memang harus menempuh perjalanan yang sangat jauh, ada baiknya untuk menyetir secara bergantian apalagi jika tubuh sudah lelah dan dilanda kantuk. Hal ini tentunya akan bisa meminimalkan risiko kecelakaan di jalan.

Sistem Penerangan Harus Optimal

Mengendari mobil di malam hari tentunya butuh sistem penerangan yang optimal. Tujuannya agar pengendara bisa melihat area depan dan sekitarnya dengan sangat jelas tanpa gangguan sedikitpun. Untuk membantu penerangan di malam hari, maka lampu depan dan juga belakang serta lampu sein harus bekerja dengan normal. Jangan menggunakan lampu dengan cahaya yang terlalu terang karena akan mengganggu para pengendara yang lain dan tentunya juga bisa membahayakan pengemudi yang ada di arah berlawanan.

Kurangi Kecepatan

Cara mengemudi malam hari dengan siang hari tentu berbeda makanya ketika di malam hari harus mengurangi kecepatan untuk tetap dalam keadaan aman. Jika memaksakan kecepatan yang tinggi maka akan berisiko terjadinya kecelakaan atau tabrakan dengan benda keras di sekitar jalan. Dengan kecepatan yang normal, maka pengemudi akan lebih bisa mengendalikan kendaraan.

Itulah tips aman yang harus diterapkan ketika hendak pulang kerja di malam hari sehingga tidak terjadi kecelakaan. Jika terjadi sebuah insiden kecelakaan maka banyak kerugian yang harus ditanggung pemilik, salah satunya adalah mobil rusak dan tidak bisa dijual ke orang lain. Calon pembeli juga tentu tidak ingin mobil yang dibeli bekas kecelakaan makanya lebih pilih beli di platform mobbi. Sebelum populer dengan mobbi, namanya adalah mo88i yang menjual banyak merk dan model termasuk harga Fortuner bekas yang sampai sekarang masih dicari banyak orang.