Cara Wisata ke Pulau Tidung untuk Pemula

Ada beberapa cara wisata ke pulau tidung yang bisa dicoba bersama keluarga tercinta. Berlibur ke Pulau Tidung sangat cocok untuk menghilangkan rasa suntuk di kepala. Berkegiatan penuh seharian mungkin membuat pikiran dan badan Anda menjadi lelah. Untuk itu, segarkan kembali pikiran dengan berlibur ke Pulau Tidung. Berikut kami berikan panduan dan cara wisata ke Pulau Tidung.

Jika Anda masih pemula, sebenarnya masih ada dua opsi liburan yang bisa kamu pilih. Pertama, liburan ke Pulau Tidung sebagai backpacker atau tanpa agen wisata. Kedua, menggunakan agen wisata atau paket wisata Pulau Tidung.

Cara Wisata ke Pulau Tidung Tanpa Agen Wisata

Untuk Anda yang tidak ingin menggunakan agen wisata karena budgetnya sangat terbatas, maka bisa memilih berlibur sebagai backpacker. Simak cara wisata ke Pulau Tidung tanpa agen wisata berikut.

1. Membuat Itinerary yang Lengkap

Seminggu sebelum berlibur, pastikan Anda sudah membuat itinerary atau jadwal liburan yang sangat lengkap. Apabila Anda berencana liburan 2 hari 1 malam, maka tuliskanlah semua agenda pada waktu tersebut.

Itinerary ini bisa dimulai dari kedatangan Anda di Pulau Tidung lalu kembali ke daerah asal. Buatlah dengan detail apa saja aktivitas yang akan dilakukan serta dilengkapi dengan besarnya anggaran yang dikeluarkan.

2. Gunakan Tas yang Sesuai

Saat liburan, biasanya akan membawa tas dengan ukuran lebih besar karena ada banyak barang yang harus dibawa. Pastikan kalau barang yang dibawa hanyalah yang penting-penting saja karena status Anda yang sebagai backpacker.

3. Menyiapkan Dana

Menyiapkan uang tunai ke Pulau Tidung adalah hal wajib yang harus dilakukan. Anda bisa hitung berapa biaya yang dikeluarkan dengan menghitung pengeluaran dari itinerary tadi ya. Jika perlu, Anda bisa membawa dana lebih besar dari yang tertulis.

4. Catat Pilihan Kapal Ini!

Ada 3 pilihan kapal yang bisa membawa Anda ke Pulau Tidung meskipun tanpa agen wisata. Diantaranya adalah:

  • Kapal kayu dari Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke.
  • Kapal Bahari Express dari Pelabuhan Kali Adem.
  • \Kapal cepat dari Marina Ancol.

Cara Wisata ke Pulau Tidung dengan Agen Wisata

Jika Anda memilih agen wisata atau agen travel, biasanya ada beberapa pilihan paket yang tersedia. Untuk membantu memilih mendapatkan yang sesuai, Anda bisa ikuti panduan berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Spot yang Ingin Dikunjungi

Ada banyak spot berlibur di Pulau Tidung. Setiap paket biasanya telah menjelaskan rinciannya dengan detail.

Namun, apabila Anda ingin berlibur sesuai request juga bisa banget loh. Jadi, cukup tentukan manakah spot wisata yang ingin dikunjungi.

2. Memilih Paket Sesuai Budget

Memilih paket wisata Pulau Tidung yang melebihi budget awal Anda hanya akan memberatkan saja. Bagaimana jika sepulangnya dari liburan justru keuangan menjadi menipis?

Tentu saja, liburan seperti ini tidaklah direkomendasikan karena lebih baik memilih paket wisata sesuai budget. Jika tidak tertera paket yang sesuai, mungkin bisa berkonsultasi dengan agen wisata untuk tetap berlibur sesuai budget.

3. Memilih Fasilitas yang Diperlukan Saja

Ada banyak fasilitas ekstra yang disediakan oleh agen wisata pada masing-masing paket wisata Pulau Tidung. 

Mungkin saja, ada beberapa fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan, sehingga bisa dikurangi agar liburan lebih hemat. Dengan begitu, Anda pun masih bisa mengalihkan budget yang disediakan untuk membeli oleh-oleh Pulau Tidung. 

Itulah cara wisata ke Pulau Tidung yang bisa dijadikan panduan oleh pemula dengan agen travel maupun tidak. Semoga bisa menjadi referensi!