Rincian Sambal Goreng Kentang untuk 100 Porsi

Rincian Sambal Goreng Kentang untuk 100 Porsi

Keluarga Muda Indonesia memberikan informasi rincian sambal goreng kentang untuk 100 porsi. Jadi buat para ibu di rumah yang bingung mencari resep bumbu masakan tradisional untuk hajatan sekarang tidak perlu khawatir lagi. Saat ini bisa memasak semua menu makanan hajatan sendiri di rumah dengan porsi besar.

Salah satu menu makanan yang wajib ada saat hajatan sambal goreng ati dengan campuran ati. Saat hajatan biasanya menu tersebut dibuat dengan porsi besar yang tentunya membutuhkan perbaduan bumbu secara pas. Maka dari itu berikut adalah cara memasak dan bumbu sambal goreng ati kentang 100 porsi secara lengkap.

Rincian Sambal Goreng Kentang untuk 100 Porsi

Sambal goreng kentang campur ati biasanya menjadi pilihan makanan terbaik ketika ada acara. Baik hajatan maupun beberapa aktivitas lainnya. selain itu menu makanannya juga menjadi pilihan populer di hari-hari tertentu, seperti lebaran dan disajikan bersama dengan ketupat atau opor ayam.

Jika membutuhkan resep sambal goreng ati dengan porsi besar, di bawah ini rincian sambal goreng kentang untuk 100 porsi.

Bahan-Bahan Utama:

  • Kentang 9 kg
  • Ati sapi 2,5 kg (bisa menyesuaikan selera)
  • Bumbu sambel kentang giling yang sudah jadi kurang lebih 500 gram
  • Cabe keriting 200 buah
  • Tomat 7 buah
  • Bawang merah 20 buah
  • Bawang putih 10 buah
  • Daun salam dan daun jeruk masing-masing 6 lembar
  • Gula secukupnya

Cara Memasak:

Setelah menyiapkan semua keperluan bahan utama sekaligus resep bumbu masakan Anda bisa mulai proses memasak. Umumnya panduan memasak sambal goreng kentang ati berukuran besar cukup sederhana. Berikut adalah rincian sambal goreng kentang untuk 100 porsi secara lengkap:

  1. Pertama silahkan kupas kentang dengan ukuran kotak dadu sesuai selera. Setelah itu Anda hanya perlu mencuci potongan kentang tersebut sampai bersih.
  2. Setelah dicuci silahkan meniriskan kentang lalu beri tambahan garam. Aduk kentang dan garam sampai semuanya tercampur secara merata.
  3. Berikutnya siapkan air untuk merebus ati 1 panci besar dan didihkan. Selanjutnya silahkan masukkan daun jeruk dan daun salam kedalam rebusan panci.
  4. Jika air sudah mendidih lanjut masukkan ati sapi, yang sebelumnya sudah Anda bersihkan. Untuk proses merebusnya sendiri kurang lebih selama 35 menit. Sebelum merebus pastikan Anda sudah membuang semau bagian lemak ati terlebih dahulu.
  5. Baru setelah ati matang silahkan angkat dan potong berukurang dadu kecil-kecil atau sesuai selera.
  6. Setelah itu Anda perlu menyiapkan semua bumbu resep masakan untuk membuat sambal goreng kentang. Pertama silahkan menghaluskan cabe, bawang, tomat terlebih dahulu. Jika semuanya sudah halus campur bumbu tersebut dengan bumbu giling dan tumis sampai semuanya matang.
  7. Jika bumbu sudah mengeluarkan aroma halus silahkan mengecilkan api, lalu masukkan kentang yang sudah direbus dan ati. Aduk-aduk semuanya sampai rata lalu matikan api
  8. Jangan lupa melakukan tes rasa untuk memastikan cita rasanya. Jika kurang asin Anda bisa menambahkan bumbu penyedap.
  9. Jika sudah Anda bisa mengemas kentang pada plastik setelah sedikit dingin. Namun jika untuk hajatan biasanya Anda hanya perlu memasukkannya pada tatakan menu, yang tersedia bersama makanan lainnya.

Itulah rincian sambal goreng kentang untuk 100 porsi lengkap dengan cara memasaknya. Bagi yang ingin membuat masakan untuk hajatan atau pesanan dengan porsi besar, silahkan mengikuti panduan diatas.