7 Alasan Kamu Harus Tinggal di Solo, Simak Selengkapnya!

Alasan Mengapa Menetap di Solo itu Menarik

Solo terkenal sebagai salah satu kota paling nyaman di Indonesia. Lokasinya berada di Jawa Tengah dan memiliki luas relative cukup kecil. Meski wilayahnya kecil, Solo mempunyai banyak sekali daya tarik untuk ditinggali. Berikut ini alasan kamu harus tinggal di Solo.

1. Biaya Hidup Murah

Tinggal di Solo tentunya sangat menyenangkan. Terlebih semua kebutuhan hidup mulai dari bahan makanan, pakaian dan lain sebagainya memiliki harga yang relatif murah. Tentunya ini membuat biaya hidup jadi lebih murah.

2. Banyak Event Menarik

Berbagai event besar nasional dan internasional sering digelar di Solo. Kamu bisa menikmati berbagai event dengan nyaman dan aman di Solo. Ragam pertunjukan seni, seperti wayang kulit dan tari-tarian tradisional menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta seni dan kebudayaan.

3. Jalanan Tidak Macet

Meski memiliki penduduk cukup padat namun penataan kota dan jalan di Solo cukup ideal. Hal tersebut membuat akses jalanan menjadi lancar dan tidak macet. Tentu saja hal tersebut menjadi salah satu daya tarik paling menarik, yang membedakannya dengan jalanan besar lainnay di Jakarta, Bandung atau Surabaya.

4. Masyarakat Ramah

Tinggal di Solo juga jauh lebih menyenangkan karena masyarakatnya yang cukup ramah. Seperti orang Jawa pada umumnya karakter orang solo terkenal menyenangkan. Sehingga akan cocok menjadi pilihan tempat tinggal meskipun Kamu seorang pendatang.

5. Kota Budaya dan Surga Kuliner

Salah satu alasan kota Solo menarik untuk ditinggali adalah julukannya sebagai surga kuliner dan kota budaya. Disini tersedia banyak sekali pilihan kuliner mulai dari bergaya barat, China, Jawa hingga Arab.

Sementara itu Solo juga menjadi lebih menarik dengan adanya dua keraton kesultanan Jawa. Dua kerator tersebut adalah Mangkunegara dan Pakubuwono, yang membuatnya semakin menarik dengan berbagai aktivitas kebudayaan setiap tahunnya.

6. Banyak Tempat Ibadah

Solo memiliki banyak tempat ibadah untuk umat beragama seperti Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joyodiningratan (1939) dan Masjid Al-Hikmah (1947) di Jalan Gatot Subroto, Solo. Di Solo juga ada Pura Indra Prasta (1986) di Mutihan, Sondakan, Laweyan dan Pura Bhuwana Agung Saraswati yang berada di lingkungan Kampus Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS). Selain itu, ada juga Vihara Dhamma Sundara Jalan Ir. Juanda, Pucangsawit,. Jebres, juga berdiri dengan indah.

7. Kota Layak Huni

Sementara itu Solo juga terkenal sebagai kota layak huni yang ada di Indonesia. Di tahun 2021, Solo mendapatkan penghargaan dari Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia dan membuatnya sebagai kota layak huni bagi masyarakat. Ada beberapa indikator kota nyaman untuk dihuni seperti ketercukupan pangan, pengelolaan air bersih, fasilitas pendidikan, kesehatan, transportasi dan tingkat keselamatan kota.

Sebagai orangtua tak perlu khawatir untuk menyekolahkan anak. Karena di Solo banyak sekolah mulai tingkat TK hingga perguruan tinggi. Sekolah negeri dan swasta dengan mutu pendidikan yang baik sangat mudah ditemui di Kota Solo.

Selain itu, jumlah Puskesmas dan Rumah Sakit juga banyak berdiri sehingga menjamin warganya untuk mendapatkan akses kesehatan yang optimal. Rumah Sakit kelas internasional juga sudah berdiri di Solo. Belum lagi jumlah pasar tradisional dan pusat perbelanjaan modern yang bisa menunjang kebutuhan hidup sehari-hari, tersedia dengan lengkap.

Bagaimana, tertarik tinggal di Solo? Jika tertarik, Kamu bisa tinggal di Residence 8. Residence 8 adalah satu-satunya hunian premium di Solo Baru. Disini Kamu bisa menikmati berbagai fasilitas lengkap seperti Gate Security dengan penjagaan 24 jam di gerbang utama. Fasilitas lain juga bisa Kamu dapatkan, seperti CCTV serta akses RFID khusus bagi penghuni.

Residence 8