Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Baru Lengkap dengan Simulasi Kreditnya

Membeli mobil baru dengan mobil bekas jelas berbeda meski sama-sama dibayar dengan sistem kredit. Kalau dilihat dari simulasi kredit mobil bekas dan baru, keduanya punya perhitungan dan rumus yang mirip.

Lalu apa saja yang membedakan antara kredit mobil bekas dengan mobil baru? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari simak ulasan singkat yang akan diberikan berikut ini.

Perbedaan Kredit Mobil Bekas dan Baru

Setidaknya terdapat 4 perbedaan berikut ini antara kredit mobil bekas dengan baru.

1. Down Payment dan Suku Bunga

Perbedaan yang pertama bisa kamu lihat dari down payment alias uang muka serta suku bunga yang berlaku. DP yang harus kamu bayarkan untuk pembelian mobil bekas jelas lebih rendah karena harga mobil itu sendiri tentu lebih murah dibandingkan harga barunya.

Bahkan tidak sedikit juga perusahaan pembiayaan yang memberlakukan DP 0%. Namun umumnya, DP yang berlaku adalah 20-30% dari harga mobil.

Berbanding terbalik dengan down payment, suku bunga pembelian mobil bekas dengan kredit ternyata lebih besar. Hal ini berlaku karena risiko pembayarannya jauh lebih besar dibandingkan mobil baru. Sehingga wajar kalau berlaku bunga yang besar.

2. Garansi dan Asuransi

Ketika membeli mobil bekas, jangan harap kamu akan mendapatkan garansi yang sama seperti mobil baru. Kecuali kamu memang membeli mobil yang usianya masih sangat mudah dan garansi dari pabrik masih berlaku. Namun mobil-mobil seperti ini biasanya punya harga lebih tinggi.

Lalu masalah asuransi, pihak dealer mobil biasanya juga akan menawarkan premi khusus untuk mobil bekas. Faktanya, asuransi mobil bekas biasanya lebih mahal dibandingkan mobil baru.

3. Biaya Service

Selanjutnya, kredit mobil bekas juga punya risiko lain yaitu biaya service yang tinggi. Oleh karena itu, kamu wajib memastikan kondisi mobil sebelum membelinya. Jangan sampai rugi karena biaya perawatannya lebih besar dibandingkan biaya cicilan per bulannya.

4. Harga Jual Kembali

Hal terakhir yang membedakan antara kredit mobil bekas dan baru adalah harga jual kembali. Harga jual kembali mobil bekas ternyata lebih tinggi dan stabil dibandingkan mobil baru. Penyusutan harganya tidak begitu besar sehingga penjual tidak terlalu dirugikan karenanya.

Bagaimana Simulasi Kredit Mobil Bekas?

Untuk melakukan simulasi kredit mobil second alias bekas pakai, kamu bisa memanfaatkan mobbi. Platform yang awalnya memiliki nama mo88i ini menawarkan layanan penjualan dan pembelian mobil bekas berkualitas.

Selain menghitung simulasi kredit untuk pembelian mobil bekas. Kamu juga bisa langsung melakukan pembelian di platform ini. Mobil yang dijual di sini seluruhnya telah diperiksa dan lolos uji kelayakan. Tidak perlu khawatir dengan kualitasnya.

Harga yang ditawarkan juga menyesuaikan dengan pasaran saat ini. Menariknya, mobbi memberikan begitu banyak penawaran khusus untuk para pembelinya. Jelas lebih menguntungkan membeli mobil bekas di mobbi, baik secara kredit maupun cash.