5 Cara Efektif Meningkatkan Minat Baca Siswa

Membaca adalah salah satu cara siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan meningkatkan prestasinya di sekolah. Tapi kenyataannya yang ada saat ini minat baca para siswa masih rendah. Hal ini dapat dilihat dari perpustakaan sekolah yang menjadi ruangan jarang dikunjungi para siswa.

Minimnya minat baca siswa menjadi PR bagi para tenaga pendidik. Mereka diharapkan dapat berperan dalam mengatasi masalah rendahnya minat membaca siswa di Indonesia, salah satunya dengan menciptakan kegiatan pembelajaran menarik di lingkungan sekolah. Selain itu, guru harus bisa mengarahkan siswanya untuk belajar online menyenangkan, salah satunya lewat situs ilmudes.

Cara Efektif Meningkatkan Minat Baca Siswa

Dalam upaya meningkatkan minat baca para siswa, pihak sekolah dapat melakukan beberapa trik dan cara sebagai berikut:

1. Menumbuhkan Kesadaran Siswa Akan Pentingnya Membaca

Cara pertama yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca siswa yaitu dengan menumbuhkan kesadaran para siswa akan pentingnya membaca. Guru bisa memberikan informasi pada siswa bahwa dengan membaca akan mendapat banyak pengetahuan baru serta baik untuk kesehatan otak.

Dengan begitu diharapkan siswa yang awalnya tidak menyukai membaca buku jadi bisa menyukainya. Bahkan bisa menjadikan membaca sebagai kebiasaan. Selain itu guru juga dapat mendorong dan memotivasi siswa untuk terus membaca buku.

2. Menciptakan Suasana Menarik dan Menyenangkan Di Perpustakaan

Cara efektif meningkatkan minat baca siswa selanjutnya adalah dengan membangun suasana menarik dan menyenangkan di perpustakaan, agar siswa senang mengunjunginya dan betah di sana. Selama ini umumnya perpustakaan memberikan kesan yang membosankan bagi siswa.

Untuk menciptakan suasana menyenangkan tersebut dapat dilakukan dengan menata rak buku sebaik mungkin, agar space tampak lebih leluasa,  lampu penerangan yang memadai, tempat duduk yang nyaman, dan sebagainya. Bila perlu tambahkan beberapa poster menarik yang berisi quote dari tokoh terkenal atau kalimat-kalimat motivasi.

3. Menerapkan Aturan Membaca 10 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai

Selanjutnya untuk meningkatkan minat baca siswa sekolah dapat menerapkan aturan  kegiatan membaca cukup 10 menit sebelum pelajaran dimulai. Saat awal kegiatan pembelajaran, guru memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca buku yang terkait dengan materi pelajaran yang akan dibahas.

Dengan begitu siswa mempunyai gambaran mengenai materi pelajaran yang akan didapatkan, sehingga nantinya kegiatan belajar dapat berjalan optimal.

4. Kunjungan Ke Perpustakaan Di Sela Jam Pelajaran

Biasanya siswa senang mengikuti apa yang dilakukan gurunya. Siswa juga akan termotivasi untuk membaca bila mereka melihat dan tahu bahwa gurunya juga senang membaca. Oleh sebab itu cobalah saat di sela jam pelajaran diselipkan jam untuk mengunjungi perpustakaan untuk membaca buku dengan topik tertentu sesuai pelajaran dan membahasnya bersama antara siswa dan guru.

Dengan cara ini juga siswa tentunya akan lebih senang baca buku dengan topik bervariasi  di tempat nyaman.

5. Membentuk Kelompok Membaca di Kelas

Cara efektif untuk meningkatkan  inat baca siswa selanjutnya adalah dengan membentuk kelompok membaca di kelas. Guru bisa membentuk kelompok membaca di kelas dengan cara membagi siswa menjadi beberapa kelompok.

Setelah membuat kelompok, guru bisa memberikan tugas tiap kelompok untuk membaca satu buku, setelah selesai kemudian berdiskusi terkait isi buku tersebut dan buat resensinya. Buku yang dibaca kelompok tersebut harus disesuaikan dengan minat baca serta kesukaan siswa. 

Selain itu guru juga harus mampu menjadikan kegiatan belajar di kelas lebih menarik, bermakna, dan optimal, tujuannya agar siswa dapat mudah memahami dan menerima informasi dan ilmu pengetahuan selama belajar di sekolah.

Itulah 5 cara efektif meningkatkan minat baca siswa. Dengan trik dan cara di atas diharapkan kesukaan siswa akan membaca dapat meningkat. Semoga bermanfaat