Review Daihatsu Charade Turbo G11R, Pernah Ganas pada Masanya

Terdapat beberapa seri Daihatsu Charade yang dipasarkan di Indonesia, salah satunya adalah seri Charade Turbo. Sayangnya, jumlah unit yang dipasarkan saat itu sangat sedikit sehingga menjadi barang yang sangat langka.

Di Indonesia sendiri, Charade Turbo yang dipasarkan secara resi adalah seri G11R produksi tahun 1987. Seperti apakah review mobil tua ini? Mari simak penjelasan dan review lebih lengkapnya di artikel berikut.

Sejarah Charade Turbo

Sebelum membahas Charade Turbo G11R, mari sekilas menilik sejarahnya. Charade Turbo adalah wujud keseriusan Daihatsu dalam memperkenalkan mobil mini bermesin monster. Mobil ini pertama kali diproduksi pada 1982 ketika Daihatsu ikut bersaing dalam formula Group B.

Pada 1985, Daihatsu kembali memperkenalkan DeTomaso Charade 926 Turbo yang meletakkan mesin di bagian tengah mobil. Mesin yang dipakai adalah CB70 Twincam 12 katup, mampu menghasilkan 120 HP dan torsi 147 Nm.

Sayangnya, formula Group B harus dihentikan 1987 karena kecelakaan yang memakan banyak korban. Meski begitu, Daihatsu tetap mempertahankan mesin CB70 serta menggunakannya untuk Charade G100 GTi Turbo.

Review Daihatsu Charade Turbo G11R Indonesia

1. Performa Mesin

Charade Turbo yang masuk di pasar Indonesia dikenal dengan seri G11R. Mesin yang dipakai di mobil ini adalah CB23 berkapasitas 1000 cc. Di putaran mesin 5500 rpm, tenaga yang bisa dihasilkan adalah 68 PS.

Berbeda dengan seri non turbo yang hanya punya 4 percepatan, G11R Turbo ini punya 5 percepatan. Artinya, mobil bermesin turbo ini bisa diajak berlari lebih kencang.

2. Eksterior

Charade Turbo G11R yang hadir di Indonesia adalah model 5 pintu. Lebih tepatnya 2 pintu di setiap sisi kanan dan kiri untuk penumpang, serta 1 pintu bagasi di bagian belakang. Desain bagian luarnya tidak ada perbedaan dengan G11R non turbo.

Headlamp menggunakan bentuk trapesium serta memiliki grill yang simple. Secara keseluruhan, bahasa desain mobil ini mengingatkan pada desain hatchback akhir 80-an.

3. Interior

Beralih ke sisi interior, tidak ada hal yang spesial pada bagian ini. Sebagian besar material yang digunakan di interior adalah fabric dan vinyl. Belum ada power window sehingga penguncian dan kaca masih harus dilakukan secara manual.

4. Fitur

Mobil tua yang satu ini sudah memiliki pendingin udara atau AC dengan 4 lubang di bagian depan. Ada juga defogger untuk kaca belakang untuk menghilangkan embun di saat hujan atau melewati wilayah berkabut.

Untuk entertainment, mobil ini hanya memiliki radio, layaknya mobil pada tahun 80-an pada umumnya. Sementara untuk kabin, Charade G11R Turbo ini tidak begitu luas mengingat konsepnya yang memang compact.

Leg room di bagian belakang juga terbilang sempit. Namun leg room di kursi pengemudi dan penumpang di sisi kirinya terbilang luas dan nyaman.

Meski sudah menggunakan mesin turbo, Charade G11R ini tidak bisa disamakan dengan mobil-mobil baru. Namun mobil ini masih sangat memungkinkan jika dijadikan sebagai ‘bahan’ mobil drag race.