13 Februari, Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

13 Februari, Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

13 Februari adalah Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia (PAFI). PAFI merupakan sebuah organisasi tempat dimana tenaga farmasi dengan profesi Tenaga Teknis Kefarmasian di seluruh Indonesia berkumpul. Melihat krusialnya posisi PAFI di Indonesia kamu perlu mengetahui informasinya secara lengkap.

Sejarah Hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia

Peringatan hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia diperingati pada bulan Februasi tanggal 13. Hari ini merupakan perayaan bagi seluruh ahli farmasi di seluruh Indonesia.

Namun ketika membahas mengenai peringatan hari Persatuan Ahli Farmasi Indonesia tersebut tidak terlepas dari segi sejarahnya. Hal tersebut berkaitan pada sejarah kemerdekaan Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus 1645.

Keberadaan tenaga ahli farmasi menjadi potensi pembangunan yang pastinya tidak absen pada perjuangan pembangunan negara Indonesia. Hingga pada akhirnya di tanggal 13 Februari 1946 tepatnya di Yogyakarta terbentuk organisasi bernama Persatuan Ahli Farmasi Indonesia.

PAFI sendiri menjadi wadah demi menghimpun semua tenaga bakti karya yang ada di bidang farmasi. Hingga pada akhirnya seiring berjalannya waktu PAFI kemudian juga terbentuk dan berkedudukan di setiap wilayah Indonesia dengan azas Pancasila, salah satunya Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Pulang Pisau.

Dalam hal ini PAFI merupakan organisasi dengan sifat kekaryaan dan pengabdian. Kehadiran PAFI akan menjadi wadah tepat bagi semua tenaga farmasi di Indonesia, untuk terus bersinergi demia memberikan berbagai manfaat bagi Indonesia.

Visi dan Misi

PAFI sebagai wadah terpercaya tenaga farmasi di Indonesia juga mempunyai berbagai visi misi untuk terus bersinergi. Berikut adalah visi dan misi PAFI, yaitu:

  1. Mewujdukan masyarakat secara adil dan makmur sesuai Pancasila dan UUD 1945.
  2. Mewujudkan sebuah derajat kesehatan secara optimal bagi semua masyarakat Indonesia.
  3. Meningkatkan dan mengembangkan pembangunan farmasi Indonesia.
  4. Meningkatkan kesejahteraan para anggotanya.

Hari farmasi diperingati setiap tanggal 13 Februari menandai hari berdirinya PAFI untuk pertama kalinya di Yogyakarta. Dari sini kamu dapat mengetahui juga bahwa fungsi tenaga farmasi Indonesia adalah meningkatkan tingkat kesejahteraan umum dalam bidang farmasi dan kesehatan masyarakat.

Itulah informasi mengenai Hari Persatuan Farmasi Indonesia secara lengkap. Dari sini kamu juga bisa mengenal PAFI sebagai salah satu organisasi resmi secara menyeluruh. Informasi lebih lengkap tentang PAFI, kamu bisa mengunjungi website https://pafipulangpisau.org/.