Mengenal Housekeeping Rumah Sakit Beserta Tugas-Tugasnya

Di dalam lingkungan rumah sakit, mungkin yang selama ini dikenal adalah para dokter dan perawatnya. Namun pekerjaan lain yang keberadaannya juga sangat penting, yakni housekeeping rumah sakit. Memang pekerjaan ini tidak terlalu familiar di telinga.

Kebanyakan orang salah mengira bahwa housekeeping sama dengan cleaning service. Nyatanya, kedua pekerjaan ini berbeda mulai dari cakupan pekerjaannya hingga gaji yang diterima. Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai housekeeping dan tugas-tugasnya:

Perbedaan Housekeeping dan Cleaning Service

Housekeeping merupakan gabungan dari dua kata dalam Bahasa Inggris, yakni 'house' artinya rumah, serta 'keeping' berarti pemeliharaan.

Dan ketika kedua kata tersebut digabungkan membentuk istilah housekeeping, maka artinya adalah bagian atau yang bertanggung jawab untuk memelihara suatu tempat, termasuk rumah sakit. Profesi ini membantu mengelola dan menjaga kebersihan di area rumah sakit.

Tujuan dari housekeeping ini sendiri adalah menjaga nilai atau kualitas dari bangunan yang dirawatnya agar umur penggunaannya semakin panjang.

Karena itu, dilaksanakanlah pembersihan area rumah sakit secara rutin untuk mengontrol kondisi setiap gedung. Dengan begitu, kerusakan yang terjadi bisa segera diketahui dan dengan cepat diperbaiki.

Housekeeping ini sering disamakan dengan cleaning service. Padahal keduanya memiliki perbedaan dari segi tanggung jawab sampai besaran gajinya. Simak pembahasan tentang perbedaannya berikut:

1. Tanggung Jawab

Housekeeping mengemban tanggung jawab lebih besar dibanding cleaning service, karena tugasnya yang lebih kompleks dan bervariasi. Housekeeping bertanggung jawab atas pemeliharaan area tertentu ataupun seluruh ruangan. Adapun tugas cleaning service hanya merapikan dan membersihkan ruangan.

2. Cakupan Pekerjaan

Ruang lingkup pekerjaan housekeeping cakupannya lebih luas. Housekeeping harus mengelola semua area termasuk kamar rawat, toilet, taman, dan area umum lainnya di rumah sakit. Sedangkan cleaning service cenderung hanya fokus pada pembersihan ruangan tertentu.

3. Jam Kerja

Sebab lingkup pekerjaannya yang lebih besar, maka jam kerja housekeeping umumnya lebih lama. Housekeeping bekerja dalam jangka waktu 8-10 jam sehari. Hal ini berbeda dengan cleaning service yang bekerja hanya selama beberapa jam saja.

4. Gaji

Pekerja yang memegang tanggung jawab lebih besar akan memperoleh gaji lebih tinggi. Jadi, gaji housekeeper umumnya lebih besar daripada cleaning service. Sebab, tugas housekeeping lebih rumit dan kompleks serta membutuhkan pengalaman serta keterampilan lebih mumpuni.

Mungkin kamu bisa memulai karir housekeeper rumah sakit dengan kerja part time, cari kerjaan impian mu di part time jobs johor bahru.

Tugas Housekeeper Rumah Sakit

Adapun lingkup pekerjaan housekeeping rumah sakit terdiri dari pembersihan, pemeliharaan, dan perbaikan lokasi bangunan dan gedung serta fasilitas pendukung terkait. Tugas housekeeping dibagi menjadi tiga, antara lain:

1. Pekerjaan dalam Ruangan

Yang pertama adalah pekerjaan yang dilakukan di dalam ruangan. Umumnya ini meliputi berbagai kegiatan pembersihan dan perawatan di area dalam gedung seperti berikut:

  • Menyapu dan mengepel lantai.
  • Mengelap kusen pintu, jendela, dan seluruh kaca ruangan.
  • Membersihkan furniture, peralatan kantor, kursi, dll.
  • menghilangkan debu serta sawang.
  • Membersihkan toilet, wastafel, urinoir, closet, dll.
  • Membersihkan serta membuang sampah ke dalam bak penampungan.

2. Pekerjaan Luar Ruangan

Yang kedua adalah pekerjaan yang dilakukan di luar ruangan. Housekeeper juga bertugas melakukan perawatan dan pembersihan di luar gedung atau area publik, antara lain:

  • Membersihkan jalan, selokan, tempat parkir, serta jalan untuk lalu lalang.
  • Membersihkan serta membuang sampah ke bak penampungan akhir.
  • Memelihara serta merawat tanaman yang ada di halaman atau taman rumah sakit.
  • Membersihkan dinding juga kaca yang berada di sisi luar gedung.

3. Pekerjaan dalam Dapur

Terakhir adalah pekerjaan yang dilakukan di dapur. Hoousekeeper bertanggung jawab akan kebersihan dapur. Selain itu, housekeeper juga menyiapkan minuman dan makanan untuk disajikan ke karyawan rumah sakit

Itulah sekilas tentang housekeeping rumah sakit dan tugas-tugasnya. Karena perannya dalam menjaga kebersihan dan perawatan gedung, membuat housekeeping juga memegang peranan penting dalam rumah sakit. Cari lowongan pekerjaan sebagai housekeeping rumah sakit di TrustJobMy.