Langsung ke konten utama

5 Cara Pindah Agen Asuransi Sesuai Kode Etik AAJI

Bagaimana cara pindah agen asuransi yang baik dan benar? Yang pasti, nasabah asuransi dan agen asuransi harus mengikuti kode etik dari AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia). Untuk pindah agen asuransi, tentu nasabah asuransi dan agen asuransi harus bersabar karena tidak bisa dilakukan sembarangan untuk menghindari praktik twisting. Apa itu twisting dalam asuransi? Praktis twisting adalah tindakan agen asuransi yang membujuk dan atau mempengaruhi pemegang polis untuk mengubah atau mengganti spesifikasi polis yang ada dengan yang baru pada perusahaan asuransi jiwa lainnya. Untuk menghindari ini, jeda waktu pembelian polis baru dengan dana di polis yang lama juga harus menunggu waktu enam bulan.

Sebagai tambahan, dalam standar praktik dan kode etik tenaga pemasarn AAJI tahun 2012 disebutkan aturan tentang perpindahan. Seorang agen asuransi diwajibkan melakukan perpindahan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang berlaku dan wajib menyerahkan kepada perusahaan asuransi jiwa terdahulu berupa surat asli pengunduran diri, serta surat pernyataan agen yang berpindah tidak melakukan twisting. Namun dalam kode etik itu disebutkan, salinan surat persetujuan pengunduran diri tidak diperlukan jika perusahaan asuransi jiwa tidak mengeluarkan surat tersebut dalam waktu 30 hari sejak pengunduran diri diajukan.

Lalu bagaimana dengan nasabah asuransi atau pemegang polis? Apakah bisa pindah agen asuransi? Apakah uang asuransi bisa kembali? Simak dibawah ini.

Cara Pindah Agen Asuransi untuk Nasabah Asuransi atau Pemegang Polis

1. Ketahui Dulu Jenis Asuransi yang Diambil

Ini sangat penting karena tidak semua jenis asuransi akan mengembalikan uang premi asuransi yang Anda bayarkan tiap bulan. Namun yang pasti, Anda harus siap jika keputusannya menutup polis asuransi maka tidak akan mendapat kembali premi yang pernah dibayar.

2. Paham dengan Isi Kontrak Awal dengan Agen Asuransi

Pelajari terlebih dahulu mengenai kontrak awal Anda dengan Agen Asuransi. Biasanya di kontrak awal asuransi sudah dijelaskan mengenai apakah uang premi bisa diambil kembali atau tidak. Jika tidak kembali, manfaat akan diberikan ketika tertanggung meninggal dunia pada saat masa perlindungan masih aktif, maka ahli waris akan menerima uang pertanggungan sesuai yang dijanjikan pada kontrak awal asuransi.

3. Konsultasi dengan Agen Asuransi

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan agen asuransi bagaimana proses cara pindah agen asuransi atau cara menutup polis asuransi umum. Para agen memiliki pengetahuan dan kemampuan lebih terhadap perusahaan asuransi. Anda juga bisa berkonsultasi dulu kendala yang dihadapi pada agen tersebut dan ikuti arahan mereka mengenai step by step menutup polis asuransinya.

4. Menyiapkan Dokumen yang Dibutuhkan

Jika konsultasi dengan agen asuransi berjalan lancar dan bisa mulai pindah agen asuransi, tentunya Anda harus menyiapkan beberapa dokumen untuk proses pindah agen asuransi. Sebagai pemegang polis asuransi Anda harus memiliki bukti kepemilikan polis asuransi. Jadi, jangan sampai lupa menyimpan dokumen-dokumen asuransi. Simpan di tempat yang aman jangan sampai terbakar atau hilang.

5. Sudah Memiliki Calon Agen Asuransi yang Lain

Jika sudah lepas dari Agen Asuransi sebelumnya, pastinya Anda sudah mendapatkan Agen Asuransi pengganti yang lebih Baik. Pastikan Anda memilih Agen Asuransi yang aman dan terpercaya seperti AsuransiHub.id. Selain memberikan konsultasi asuransi, AsuransiHub.id juga menjadi media asuransi yang memberikan informasi mengenai asuransi dan hal-hal yang berkaitan. Jadi, Anda sebagai nasabah asuransi bisa belajar mengenai asuransi di website AsuransiHub.id sekaligus menggunakan jasa konsultasi asuransi AsuransiHub melalui nomor Whatsapp 081803081010.

Itulah beberapa ccara pindah agen asuransi sesuai kode etik AAJI. Semoga bermanfaat!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Apakah Aman Produk Acnes untuk Ibu Hamil? Ini Jawabannya!

Halo Keluarga Muda Indonesia semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu parenting dan tips-tips keluarga muda di keluargamuda.com! Kali ini keluargamuda.com akan memberikan jawaban dari pertanyaan apakah aman produk acnes untuk ibu hamil. Apa itu acnes? Acnes adalah skincare yang aman untuk ibu hamil. Official name produk acnes ini adalah Acnes Natural Care Face Wash Oil Control. Manfaat acnes mencegah jerawat serta mengontrol minyak berlebih. Sebelum menjawab acnes aman atau tidak untuk ibu hamil dan menyusui, simak kandungan acnes, komposisi acnes dan bahan acnes dibawah ini. KOMPOSISI PRODUK ACNES UNTUK IBU HAMIL Komposisi produk acnes ini adalah Water Glycerin Lauric Acid Palmitic Acid Butylene Glycol Potassium Hydroside Myristic Acid Stearic Acid Cocamidopropyl Betaine Glycol Distearate Olea Europaea Olive fruit oil Cocamide DEA Methyl Gluceth20 Jojoba esther Ethanol Polyquaternium7 Potassium Chloride DMDM Hydantoin PEG7 Glyceryl Cocoate CI 77289 Fragrance

6 Contoh Jadwal Harian Ibu Rumah Tangga Muslimah

Halo Keluarga Muda Indonesia semoga sehat selalu ya dan jangan lupa baca informasi mengenai ilmu parenting dan tips-tips keluarga muda di keluargamuda.com! Kali ini keluargamuda.com akan memberikan contoh jadwal harian ibu rumah tangga muslimah. Banyak manfaat membuat jadwal ibu rumah tangga, salah satunya membuat ibu rumah tangga bisa menyelesaikan tugas dan tanggung jawab di rumah. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak contoh jadwal harian ibu rumah tangga muslimah dibawah ini. Baca Juga :  Jangan Remehkan Ibu Rumah Tangga, Ini Alasannya! Contoh Jadwal Harian Ibu Rumah Tangga Muslimah dengan Anak Satu Bayi Tanpa Bekerja 04.30 bangun, solat, tilawah 05.00 subuh, me-time 06.00 anak bangun, siapin sarapan untuk suami 07.00 suami berangkat, start kerjaan rumah 08.00 dhuha, muter cucian 09.00 tilawah 10.00 anak tidur siang, me-time 11.30 masak untuk makan siang atau beli di bawah sekalian jalan-jalan sama anak 12.00 makan, solat 12.30 main sama anak, kalau lagi asik bisa me-time 14.00 anak ti

Debellin Cookware Granite Fry Pan yang Berkualitas

Memasak menggunakan peralatan masak yang berkualitas pasti membuat Anda lebih semangat. Pasalnya tidak akan ada makanan lengket yang biasanya mengganggu mood memasak. Debellin Cookware dikenal sebagai brand yang menawarkan produk-produk peralatan masak berkualitas. Salah satu produk best seller dari Debellin adalah Granite Fry Pan. Ukurannya beragam, jadi bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Anda. Namun biasanya ukuran 28 cm yang paling banyak dicari karena tidak terlalu kecil. Berikut ini beberapa kelebihan produk Debellin ini: Bahan Berkualitas Kelebihan produk yang pertama tentu saja ada pada kualitas bahannya. Debellin menggunakan teknologi dan komponen dari Jerman sehingga menghasilkan produk yang berkualitas. Bahan dasar yang digunakan adalah die cast aluminium dengan teknologi greblon yaitu granit coating atau lapisan granit. Bahan berkualitas tersebut membuat fry pan ini tidak mudah lengket. Warna Menarik dan Desain Eksklusif Bukan hanya dari kualitas bahan saja,